Sabtu, 07 November 2015

Seks dan Hijab: Gairah dan Intimitas

loading...
Penulis : Shereen El Faki
Penerjemah: Adi Toha
penerbit: Alvabet, Jakarta, 2013



Shereen mengutip pandangan Sayyid Qutb sebagai representasi pandangan konservatif tentang seks. Qutb menganggap Barat adalah “jamban kekacauan seksual” dan “kebusukan moral”. Pandangan ini mulai mendapat tantangan dari generasi mutakhir, berbarengan dengan revolusi politik dan dominasi teknologi internet. Seks perlahan menjadi tema cair, mengubah selera dan pemaknaan. Seks telah meresap ke dunia Arab dengan aroma Barat, bercampur adat dan agama.

Di Mesir, seks adalah persoalan pelik, mulai urusan pernikahan sampai perzinaan. Selama gerakan revolusi di Lapangan Tahrir, ada poster ganjil berisi seruan kaum muda: ‘Aku ingin menikah!’. Seruan ini disuarakan kaum revolusioner. Mengapa? Pernikahan di Mesir selalu memunculkan gelisah dan kehormatan, merujuk ke pelaksanaan ajaran agama, adat, anutan modernitas. Keputusan menikah mesti dibarengi dengan pelbagai modal, dari iman sampai uang. Pernikahan memang menjalankan ajaran agama Islam, tetapi mengikutkan beban berat. Beban itu bernalar konsumerisme. Hasrat menikah memerlukan uang, berdalih demi pemenuhan kebutuhan-kebutuhan berlatar adat. Kaum revolsuioner pun berseru agar ada revolusi seks dan pernikahan.

Urusan seks di dunia Arab dijalankan institusi keluarga, negara, perusahaan, media massa. Bisnis seks dan pernikahan mulai menjalar di dunia Arab. Shereen El Faki melaporkan ada bisnis perjodohan, pelacuran, pernikahan kontrak, konsultasi seks, program seks di televisi, perbukuan seks, situs seks. Semua memberi aroma dalam lakon seks dan pernikahan.

Selebrasi seks juga bermunculan di penerbitan buku-buku fiksi. Para pembaca novel di dunia Arab menemukan sensasi dan imajinasi saat menikmati bacaan-bacaan bercorak seks. Sensor dan kecaman memang ada, tapi publik memiliki siasat agar bisa menikmati seks dalam kata-kata.

Seks di dunia Arab abad XXI berbeda dengan lakon-lakon masa silam. Seks adalah basis pengisahan keluarga, kota, negara. Shereen dalam penelitian ke pelbagai negeri di Arab menemukan ada pola-pola perubahan untuk memahami seks, berbarengan dengan perubahan situasi ekonomi-politik lokal dan internasional. Seks adalah tema besar dan pelik.

Buku Seks dan Hijab sudah mengajukan pelbagai kisah dan penjelasan meski tak pernah tuntas. Lakon seks terus bergerak dan berubah. Shereen El Faki mengakui buku Seks dan Hijab bukan bahasan terakhir mengenai seks di dunia Arab. Buku ini menjadi langkah awal pada sebuah titik balik dalam sejarah dunia Arab.
loading...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Pengikut