Selasa, 20 Januari 2015

Gadis Gadis Di Sawah Ini Wujud Dewi Sri Modern

loading...
Usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya akan makanan salah satunya dilakukan melalui aktifitas pertanian. Dalam melakukan hal ini masyarakat percaya bahwa asal-usul benih kehidupan berasal dari dunia atas (dewa) yang diberikan kepada dunia bawah (manusia). Oleh karena itu agar keberlangsungan benih kehidupan tersebut tetap terjaga, maka manusia harus menjaga hubungan dunia atas dengan dunia bawah melalui ritual-ritual (Sumintarsih, 2007).


Dalam perkembangannya, aktivitas pertanian masa klasik berkaitan erat dengan ritual pemujaan untuk memperoleh kesuburan. Masyarakat mempersonifikasikan kesuburan tersebut ke dalam bentuk dewa atau dewi. Salah satu diantaranya adalah Dewi Sri yang dianggap sebagai dewi kesuburan dalam mitologi Hindu. Dari beberapa penemuan artefak di Jawa, Dewi Sri digambarkan sebagai gadis muda yang tubuhnya ramping tetapi berisi, raut wajahnya tenang dan anggun, dengan mata tipis yang menghadap ke bawah, serta memegang setangkai padi di tangan kiri. Penggambaran ini hampir menyerupai gambaran umum dewi/ putri raja dalam kisah pewayangan.

Sayang di era modern ini semakin susah kita jumpai gadis gadis yang mau ke sawah membantu orang tuanya. Padahal seandainya para gadis masih mau bekerja di sawah mungkin hasil panen padi akan melimpah hehe... Sebagai ganti nya saya share foto gadis gadis di sawah untuk mengobati rasa kangen kita 20 tahun lalu dimana banyak gadis mau bekerja di sawah.






loading...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Pengikut